FOTO SILUET "Hitam Itu Indah"

Posted by Esaumaya Maranatha



FOTO SILUET
Ternyata keindahan dalam foto tidak hanya ada dalam foto yang realistis saja, tetapi juga dapat dinikmati pada foto siluet. Foto realistis yang menggambarkan keindahan alam atau kecantikan seorang wanita sacara detail lama kelamaan mulai mendapat saingan. Orang mulai mencari keindahan dalam bentuk lain. Salah satunya adalah lewat foto siluet. Foto siluet adalah foto bayangan, objek yang dipotret terlihat hanya berupa wujud gelap seperti bayang-bayang. Bagi pemula, membuat foto siluet adalah sebuah pekerjaan besar. Ada keinginan untuk menghitamkan objek foto, namun tidak mengetahui bagaimana caranya. Sebenarnya membuat foto siluet prosesnya sama saja dengan membuat foto realis. Cuma di sini objek foto ditempatkan di tengah, diantara kamera dan latar belakang. Untuk latar belakang yang paling mudah bisa berupa langit, baik dalam keadaan cerah maupun berawan. Pencahayaan bisa dilakukan dengan mengukur intensitas cahaya pada latar belakang. Dengan cara yang sederhana, siapa saja sebenarnya sudah dapat membuat foto siluet.

Untuk membuat foto siluet di luar ruangan biasanya dilakukan di tempat yang lapang, seperti di pantai pada waktu pagi atau sore hari. Objek foto bisa bermacam-macam, seperti perahu dengan nelayan, pohon, arsitektur, dan sebagainya. Kemudian cara memotretnya adalah dengan mengukur kecerahan dari latar belakang objek foto. Pembuatan foto siluet di dalam ruangan dapat dilakukan dengan bantuan lampu kilat. Caranya, dengan menempatkan objek foto di tengah-tengah di antara kamera dan latar belakang. Latar belakang bisa berupa tembok berwarna cerah. Perlu diperhatikan, objek foto jangan sampai terkena bocoran cahaya. Proses pemotretannya adalah dengan cara menyinari latar belakang dari objek foto. Proses pencahayaannya sama saja dengan pemotretan di luar ruangan, diukur intensitas cahaya dari yang menjadi latar belakang.

cp : BALI POST// 2 Nopember 2003

This entry was posted on Kamis, 09 Juli 2009 at 03.48 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar